November 18, 2011

Info Bisnis


Panduan Membuat Rencana Strategis Bagi Bisnis / Usaha Kecil dan Menengah UKM : Lemahnya perencanaan usaha sering menyebabkan kegagalan bagi sebuah usaha. Hal itu menyebabkan perencanaan strategis adalah kunci sukses untuk mengembangkan bisnis Anda. Rencana Bisnis berfokus pada tercapainya sebuah tujuan. Tentunya tujuan bagi sebuah usaha adalah keuntungan. Sukses sebuah usaha di tentukan dalam perencaaan strategis dan langkah-langkah usaha untuk menerapkan rencana tersebut.

Proses perencanaan strategis dapat:
Membangun pertumbuhan tujuan realistis dan sasaran
Fokus sumber daya pada prioritas utama
Meningkatkan produktivitas staf
Membangun tim yang kuat
Mengukur kemajuan

Langkah dasar dalam perencanaan
Gunakan orang-orang dan sumber daya yang terbaik dengan kualifikasi yang terbaik yang paling sesuai dengan karakter perusahaan anda untuk membantu anda dalam mewujudkan rencana anda

Memahami hal-hal yang masuk ke rencana strategis anda
Dasar-dasar yang harus dimasukkan dalam rencana strategis termasuk eksekutif sumary perusahaan, deskripsi organisasi, pernyataan visi dan misi, tujuan dan strategi. Hal lain termasuk langkah dasar (pembgaian tanggung jawab secara spesifik untuk mencapai tujuan), anggaran untuk mencapai tujuan dan petunjuk untuk memeriksa dan mengkomunikasikan rencana tersebut.

Menguraikan tujuan Anda dalam rencana strategis
Salah satu alat untuk menguraikan rencana dalam proses perencanaan strategis adalah grid yang meminta dua pertanyaan:

Apakah kita memilikinya?

Apakah kita benar-benar menginginkannya?

No comments: